Pengalaman Bergabung Dengan Wattpad Paid Stories



Baru-baru ini banyak yang mengirim pesan kepada saya bagaimana sih cara membuka cerita berbayar di Wattpad? Akan tetapi, setelah saya kasih tahu bagaimana caranya masih banyak pembaca yang kesulitan untuk membeli cerita berbayar di Wattpad. Seperti yang sering saya ceritakan di blog ini mengenai cerita saya After Wedding yang bergabung dengan Wattpad Paid Stories, banyak pembaca yang ingin membaca cerita tersebut.
 

Namun, ada beberapa hal yang menjadi masalah ketika membuka cerita tersebut. Saya akan menulisnya di sini masalah yang muncul dalam pembelian koin dan bagaimana cara membelinya, serta perkembangan naskah tersebut selama menjadi naskah berbayar.

 

Pengalaman Bergabung dengan Wattpad Paid Stories

 

Sejak Agustus 2020 cerita saya After Wedding yang saya terbitkan di Wattpad resmi bergabung dengan Wattpad Paid Stories. Sebagai informasi Wattpad Paid Stories merupakan program resmi dari Wattpad dalam mendukung penulis secara finansial. Apabila sebelumnya kamu menemukan banyak cerita yang bisa kamu baca secara gratis, sekarang kamu juga bisa menemukan cerita berbayar. Dengan kata lain, kamu harus mengeluarkan dana untuk tahu kelanjutan cerita tersebut.

 

Bagi saya, program ini sangat bagus dan memberikan saya semangat tersendiri. Sebab, saya tidak menolak kenyataan bahwa saya pun ingin mendapatkan penghasilan dari hasil menulis novel. Di mana selama ini naskah saya seringkali ditolak oleh penerbit. Nah, adanya Wattpad Paid Stories memberikan angin segar tersendiri untuk saya dan penulis lainnya.

 

Sejauh ini, saya senang dan merasa keputusan yang tepat dalam bekerja sama dengan Wattpad. Memang, pencapaian pembaca saya berkurang ketika bergabung dengan Wattpad Paid Stories, tetapi itu hal yang wajar. Selain itu, ada banyak komentar yang masuk, tentu ada yang menyukai cerita saya pun ada yang tidak. Kebanyakan sih, yang tidak menyukai itu pada bagian ending. Tapi, lagi-lagi semua itu mengenai selera saja.

 

Melalui Wattpad Paid Stories pun saya jadi mengenal banyak penulis Wattpad lainnya, yang tentunya lebih keren daripada saya. Sehingga, saya merasakan manfaatnya bergabung dengan program ini selain keuntungan dari finansial. Dan lagi, kesempatan untuk berkembang juga terbuka lebar dan lagi saya lebih dikenal, hehe.

 

Wattpad Paid Stories juga membawa akun Wattpad saya menjadi Wattpad Stars, nah dengan menjadi Wattpad Stars saya berkesempatan dalam bergabung dengan Wattpad Studio dan Wattpad Books.

 

Apabila kamu tahu drama seri Turn On yang tayang di Vidio itu adalah drama seri yang diangkat dari salah satu penulis Wattpad Paid Stories. Keren, kan? Tentunya, saya berharap cerita saya bisa diangkat menjadi drama seri juga. Doain.

 

Masalah yang Timbul Ketika Membeli Cerita After Wedding

 

Tentunya, ketika pembaca membeli koin untuk membuka cerita After Wedding sesekali ada masalah. Hal ini murni karena sistem yang terjadi di aplikasi Wattpad. Masalah yang timbul pun serupa, sehingga jawaban yang saya berikan pun sama saja.

 

Masalah yang sering ditanyakan oleh pembaca yakni kenapa bab After Wedding hilang?

Jawabannya saya hanya satu yakni silakan logout kemudian login kembali. Setelah itu, masalah teratasi. Jadi, buat kamu yang pernah mengalami hal yang sama, bisa melakukan hal di atas ya. Biasanya hanya karena sistemnya yang kurang pas saja kok.

 

Bagaimana Cara Membeli Novel After Wedding di Wattpad

 

Untuk membaca novel After Wedding kamu harus membeli koin terlebih dahulu untuk membuka part yang terkunci. Untuk membeli koin, caranya sangat mudah, kok. Ada beberapa cara untuk membeli koin Wattpad yakni dengan pulsa, voucher Google Play, credit card, dan GoPay.

 

Saya pribadi merekomendasikan membeli dengan Gopay, sebab caranya sangat mudah dan cepat. Selama ini pun saya tak pernah ada kendala dalam pembelian koin dengan GoPay.

 

Cara Membeli Koin Wattpad Dengan GoPay

 

Berikut cara membeli koin Wattpad dengan GoPay:

 

1 | Top up saldo GoPay kamu terlebih dahulu ya.

2 | Masuk ke profil Wattpad kamu, kemudian klik simbol plus (+) di bawah nama akun kamu.


 

3 | Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman buy coins. Di sini kamu bisa memilih berapa koin yang akan kamu beli. After Wedding membutuhkan sekitar 58 koin, sehingga kamu bisa memilih koin dengan jumlah 88 koin dengan harga Rp 21.000,-.


 

4 | Setelah memilih kamu akan dibawa ke halaman pembayaran. Kamu pilih pembayaran dengan GoPay, kemudian ikuti langkah-langkahnya agar aplikasi Wattpad kamu terhubung dengan GoPay.


 

5 | Setelah terhubung dengan GoPay, kamu tinggal klik tap to buy. Nah, nantinya saldo GoPay kamu akan terpotong dan beralih menjadi koin Wattpad. Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat di profil Wattpad kamu ya.


 

6 | Setelah memiliki koin Wattpad, kamu tinggal pergi ke salah satu cerita berbayar kemudian klik unlock salah satu bab seharga 3 koin atau kamu juga bisa membeli keseluruhan cerita.

 


Cara Aktivasi GoPay di Google Play

  1. Masuk ke Google Play Store dan klik Metode Pembayaran.
  2. Pilih Tambahkan GoPay sebagai metode pembayaran
  3. Kemudian bakal tampil ketentuan dan nomor yang udah terdaftar di GoJek. Pilih Lanjut.
  4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang.
  5. Selamat, GoPay sudah terhubung dengan Google Play dan siap digunakan untuk pembayaran top up game.
 
Dengan adanya GoPay saya sangat tertolong dalam membeli aplikasi produktif seperti Wattpad dan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan GoPay untuk langganan aplikasi Google Play yang lainnya, lho.
 

Misalnya saja kamu mau beli game, bisa banget pakai GoPay di Google Play. Selain hemat, ada juga promo yang kamu bisa cek di sini. Lagi ada promo Pesta Gamer dan kamu bisa menangin undian PS5!



3 komentar:

  1. Wah keren kak, baru tahu wattpad udah bisa ada sistem kaya gini. Dari dulu tahunya yang gratis baca hehe. Sukses terus buat kakak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sudah dua tahun wattpad berubah, haha

      Hapus
  2. Masha Allah. Info terbaik. Semoga kelak saya bisa konsisten nulis di sana kak. Bermanfaat sekali infonya.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.