Rekomendasi Platform Menulis Fiksi Berbayar

 


Peluang yang ditawarkan dunia untuk penulis fiksi semakin lebar. Dulu, menjadi penulis fiksi hanya berkisar mengirim ke media cetak dan penerbit saja. Sekarang, kamu bisa memanfaatkan platform menulis untuk mendapatkan pembaca dan penghasilan juga.

 

Saya pribadi sudah merasakan mendapatkan royalti dari penjualan novel saya di Wattpad. Dari platform ini saya bisa merasakan royalti seperti menjual buku di toko buku. Saya rasa royalti yang saya dapatkan pun lebih besar daripada melalui penerbit mayor. 

 

Nah, saya akan merekomendasikan beberapa platform menulis yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah sumber penghasilan atau menjadikannya sumber penghasilan utama.

 

Platform Menulis Fiksi Terpercaya

 

Di luar sana banyak platform menulis yang menawarkan royalti yang menggiurkan. Tetapi, saya akan merekomendasikan platform menulis yang saya ketahui dan saya yakin aman untuk penulis. Tip dari saya, benar-benar baca isi kontrak sebelum menandatangani kerja sama yang ditawarkan platform tersebut. Jangan sampai kamu merasa terbebani karenanya, kelak.

 

1 | Wattpad

 

Platform menulis pertama yang saya kenal adalah Wattpad. Akan tetapi, Wattpad baru memiliki program berbayar beberapa tahun ini. Sayapun sudah bergabung Wattpad Paid Stories sejak Agustus tahun lalu. Selama bekerja sama dengan Wattpad Indonesia, saya tak memiliki masalah berarti. Bahkan, saya semakin diuntungkan secara finansial maupun secara karir dalam menulis.

 

Namun, Wattpad belum membuka pendaftaran naskah berbayar secara personal. Sehingga, penulis harus menunggu ditawari oleh pihak Wattpad untuk bekerja sama. Akan tetapi, untuk kamu yang sudah bergabung dengan Wattpad Stars, kamu bisa mengajukan naskah lagi ke Wattpad untuk dijadikan cerita berbayar. 

 

2 | Cabaca

 

Di Cabaca semua ceritanya ekslusif, yakni semua cerita di Cabaca berbayar. Untuk itu, kamu harus mengajukan ke editor Cabaca cerita kamu. Nantinya sekitar tiga bulan kamu akan dihubungi editor mengenai diterima atau tidaknya naskah kamu. Jangan salah, kalau naskah kamu diterima bisa jadi akan direvisi besar-besaran, lho. Sehingga, kamu benar-benar seperti sedang bekerja sama dengan penerbit mayor.

 

3 | Storial

 

Sama halnya dengan Cabaca, Storial juga membuka kesempatan untuk penulis agar cerita mereka berbayar atau mendapatkan dukungan secara finansial. Kamu bisa mengajukan tiga bab pertama kamu ke editor Storial, kemudian tunggu sampai satu bulan. Apabila dalam satu bulan tidak ada kabar, maka cerita kamu ditolak. 

 

Selain cerita berbayar, kamu juga bisa membaca cerita gratis di Storial milik penulis lainnya, lho. Storial sama seperti Wattpad, hanya saja di Storial kamu bisa menjemput bola, sedangkan di Wattpad tidak.

 

4 | KBM

 

Untuk kamu yang benar-benar ingin menghasilkan uang dengan menulis fiksi, kamu harus mencoba menulis di KBM. Sebab, di KBM kamu bisa menjadikan cerita kamu berbayar tanpa harus menunggu diajak kerja sama maupun mengajukan naskah untuk dijadikan berbayar. Dengan kata lain, berbayar atau tidaknya naskah kamu, terserah kamu sendiri.

 

Di KBM pada bab 8, kamu akan diberikan pilihan, akan menjadikan cerita kamu berbayar atau tidak. Banyak yang mendapatkan penghasilan puluhan juta lho dari aplikasi ini.

 

Itu dia rekomendasi platform menulis berbayar yang bisa kamu coba. Saya tidak merekomendasikan yang lain, sebab tidak tahu bagaimana sistem mereka mengenai cerita berbayar. Sehingga, saya merekomendasikan empat di atas saja. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.