Menciptakan Suasana Kerja di Rumah

 


Sebagai penulis novel online yang kerjanya di rumah, saya berinvestasi besar pada workspace yang ada di rumah. Saya ingin tempat kerja yang nyaman, tenang dan menyenangkan ketika dilihat. Saya menyebutnya menciptakan suasana kerja. 

 

Perbincangan saya dengan sahabat saya, membawa saya ke artikel ini. Dia mengatakan sulit menulis fiksi, lalu saya membalas, saya membutuhkan suasana kerja yang nyaman untuk menulis. Saya pikir, kenapa tidak saya tulis saja dalam bentuk blog? Untuk itu, saya akan membagikan kepada kalian bagaimana saya menciptakan suasana kerja di rumah.

 

Home Office

 

Sebelum tidur, ketika pikiran ke mana-mana atau biasa disebut dengan overthinking, saya selalu menenangkan diri dengan cara mengingat bahwa besok kerja. Duduk di depan laptop dan minum kopi. Lucunya, hal itu membuat saya bersemangat dan ingin esok cepat datang. Pada akhirnya, kebiasaan saya bekerja memiliki pola tersendiri dan berulang-ulang saya lakukan. Jadi, bagaimana saya menciptakan suasana kerja?

 

Badan Dalam Keadaan Bersih

 

Saya tak tahan dengan keringat yang menempel pada tubuh, aroma tak sedap badan, sehingga saya selalu mandi terlebih dahulu sebelum kerja. Dengan begitu, saya akan merasa nyaman dan tenang ketika bekerja. Oleh karena itu, saya membeli beberapa baju rumahan untuk dikenakan ketika bekerja. Tentunya, baju tersebut sesuai cuaca yang terjadi saat itu. Memakai piyama lengan panjang ketika musim hujan dan memakai daster ketika musim panas tiba.

 

Kopi

 

Membuat kopi ketika bekerja bisa membuat mood saya naik. Seiring dengan berkurangnya kopi di gelas, semakin produktif juga saya. Makanya, saya juga mengeluarkan uang ekstra untuk kopi dengan membeli alat-alat pembuat kopi. Sebagai catatan, saya tak menggunakan kopi instan, ya. Sebab, saya kopi hampir setiap hari, jadi memakai kopi racikan sendiri.

 

Membeli alat-alat pembuat kopi juga membantu saya untuk membuat konten video tiktok. Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, saya mulai membuat video di tiktok mengenai dunia kepenulisan dan kehidupan saya sehari-hari.

 

Meja Bersih

 

Untuk workspace saya juga berinvestasi cukup tinggi. Menata meja dengan rapi dan yang paling utama meja bersih. Sebelum bekerja, saya selalu membersihkan meja terlebih dahulu, apalagi meja saya berwarna putih dan dekat jendela sehingga sering kotor. Saya menempelkan banyak stiker di tembok, menata buku di atas meja dan banyak benda lainnya. Hal ini untuk menaikkan mood menulis saya. 

 

Dan lagi, saya menaruh benda-benda yang saya butuhkan ketika menulis di dekat saya atau di sekitar meja, seperti buku sontekan, pulpen, stickynote, kibor eksternal, dan semacamnya, agar ketika butuh tak perlu memundurkan kursi. 

 

Musik

 

Apakah kamu memiliki playlist lagu ketika menulis? Saya punya. Saya memiliki playlist di YouTube maupun Spotify. Saya mencari tipe-tipe lagu yang sesuai selera saya saat itu, seperti lagu yang baru saya temukan di YouTube maupun tak sengaja mendengarnya di Tiktok.

 

Buka Pinterest atau Buku

 


Di sisi kiri meja kerja, ada tumpukan buku yang saya butuhkan ketika menulis. Bisa buku favorit saya, buku catatan, atau buku penting mengenai informasi tertentu. Menaruh buku di atas meja, merupakan salah satu cara agar kebutuhan saya ketika menulis terpenuhi.

 

Kamu bisa meniru cara saya menciptakan suasana kerja di rumah, tetapi setiap orang memiliki cara berbeda. Untuk itu, carilah hal yang membuat mood kamu naik, sehingga kamu bisa menulis dengan nyaman dan tenang.

 

Bagaimana menurutmu?




Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.