Tips Menarik Perhatian Pembaca Wattpad



Setelah rajin membuat video di TikTok mengenai dunia literasi, banyak pertanyaan masuk serta keluhan karena pembaca cerita mereka sedikit. Mereka bertanya; Bagaimana cara mendapatkan pembaca Wattpad? Jawaban yang tepat adalah dengan menarik perhatian. Untuk menarik perhatian tentu memiliki caranya sendiri. 


Cara yang akan saya bagikan ini, memang tidak bisa seratus persen bisa membuat cerita kamu dibaca banyak pembaca. Sebab, pada akhirnya kembali kepada penulis dalam bercerita dan selera pembaca. Tapi, dari apa yang saya amati selama ini, beberapa tip di bawah ini mempengaruhi pembaca cerita kita.


Tip Menarik Perhatian Pembaca Wattpad


Wattpad akan otomatis merekomendasikan cerita kita ke pembaca yang sejenis. Misalnya, cerita kita bertema pernikahan, maka Wattpad akan merekomendasikan cerita kita ke pembaca yang baru saja membaca atau membuka cerita bertema serupa. Untuk itu, tugas penulis adalah menarik perhatian pembaca tersebut, minimal membaca blurb kemudian prolog.


1  | Cover


Tentu kamu sudah sering dengar kalimat don’t judge a book by it’s cover yang artinya jangan menilai buku hanya dari sampulnya saja. Tapi, untuk menarik pembaca atau untuk keperluan marketing, cover buku sangat berpengaruh dalam penjualan.


Kamu tahu, setiap penerbit memiliki pilihan untuk menentukan mana cover yang bagus dan yang akan dipakai. Penerbit melemparkan ke pembaca, mereka diminta bantu memilih mana cover yang bagus dan menarik. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa cover itu penting, meskipun isi buku tidak dinilai dari covernya.



2 | Ide Cerita


Banyak penulis berpikir keras untuk mencari ide yang unik, tidak pasaran. Memang, penerbit lebih menyukai cerita yang berbeda dari penulis lain. Tapi, penulis lupa, bahwa lagi-lagi semua tergantung selera pasar. Tidak masalah menulis cerita klise yang sudah dipakai oleh penulis lain. Terkadang, cerita yang terkesan klise itu lebih menarik perhatian. Dan lagi-lagi, tergantung bagaimana kamu menyampaikannya.


Untuk menyampaikan ke pembaca bagaimana isi cerita kamu, cerita kamu mengenai apa, tulislah di blurb. Buatlah blurb yang membuat pembaca penasaran sehingga mau membuka halaman ke prolog atau bab pertama cerita kamu.


3 | Prolog


Setelah berhasil menarik pembaca untuk mengintip blurb, tugas penulis selanjutnya adalah membuat pembaca tertarik membaca prolog atau bab pertama. Menurut mentor kelas menulis saya di tahun 2012, prolog adalah potongan cerita yang bisa diambil penulis dari isi cerita, bisa juga membuat prolog sendiri.


Tak semua penulis membuat prolog, terkadang ada yang langsung menuju bab satu. Tak masalah, intinya penulis harus bisa membuat pembaca penasaran di prolog atau bab pertama novel.


Buatlah prolog yang menarik dengan memberikan garis besar cerita, bisa juga memberikan cuplikan konflik atau perkenalan karakter yang unik. 


4 | Cara Bercerita atau Cara Menulis


Setiap penulis memiliki ciri khas masing-masing dalam menyampaikan cerita. Ada penulis yang kuat pada dialog, ada juga yang lebih memperkuat cerita dari narasi. 


Novel saya yang berjudul “After Wedding” memiliki ide cerita pasaran yakni mengenai menikah tanpa cinta. Tapi, novel tersebut menerima sepuluh juta lebih pembaca. Tentunya, hal tersebut dipengaruhi oleh gaya bercerita, adegan, dan alur. 


Nah, penulis harus tahu kelebihannya di mana dan harus diasah lebih baik lagi. 


5 | Plot Twist


Plot twist atau kejutan dalam cerita sangat penting. Plot twist bertujuan untuk membuat pembaca penasaran dan ingin cepat-cepat membaca bab selanjutnya. Dengan plot twist, penulis bisa membuat hati pembaca risau dan meninggalkan kesan mendalam.


Jelas banyak faktor yang mempengaruhi ketertarikan pembaca. Penulis juga harus tahu karakter setiap pembaca di platform menulis serta target pasar yang ingin dicapai oleh cerita tersebut.


Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!





2 komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.