Mengintip Tugas Jagawana di Drama Korea Jirisan


Pemain Jirisan


Mengintip Tugas Jagawana di Drama Korea Jirisan - Bagi saya belajar bisa dari mana saja; memperluas pengetahuan bisa diambil dari segala hal, meskipun itu hal yang buruk sekalipun. Saya pribadi suka menemukan hal-hal menyenangkan di Drama Korea. Bukan sekadar karena alur ceritanya yang seringnya bikin terkejut, pun karena pengetahuan yang disajikan tidak main-main. Baru-baru ini ada drama terbaru yakni Jirisan. Baru episode satu saja yang saya tonton, saya sudah menemukan istilah baru yaitu jagawana.

Dalam KBBi Jagawana berarti orang yang pekerjaannya menjaga atau mengawasi hutan.

Dari pengertian tersebut sudah jelas bahwa Jirisan bercerita mengenai orang-orang yang menjaga hutan. Dalam Drama Korea ini yang menjadi pusat utama adalah hutan di gunung Jiri atau disebut Jiri-san.


Saya berselancar sedikit di internet mencari tahu mengenai keistimewaan gunung Jiri ini, sampai-sampai diangkat menjadi pusat cerita Drama Korea Jirisan. Singkat cerita dari informasi yang saya dapatkan, gunung Jiri merupakan gunung tertinggi kedua di Korea. Gunung itu ditetapkan sebagai taman nasional dan memiliki banyak jalur pendaki. Informasi lain, seperti cerita mengenai pegunungan pada umumnya, gunung Jiri juga terkenal mistis.

Sekilas Mengenai Drama Korea Jirisan Episode 1

Kang Hyun-Joo dan Seo Yi-Kang


Intro Drama Korea Jirisan berisikan informasi mengenai gunung Jiri. “Gunung ini adalah harapan bagi seseorang dan kematian yang kejam bagi seseorang”. Kalimat tersebut menunjukkan dua hal yaitu ada orang-orang yang naik gunung membawa harapan, terkadang pulang dengan kehampaan. Di sinilah tugas jagawana untuk menghilangkan kehampaan itu, menolong orang-orang yang menghilang di gunung Jiri.

Tim pencarian (jagawana) dibagi menjadi beberapa pos atau mereka menyebutnya pondok. Pos utama berada di Taman Nasional Jirisan Stasiun Jagawana Haedong. Selebihnya, ada pondok-pondok lain seperti Pondok Bidam dan Pondok Seseok. Buat kamu yang suka mendaki gunung, tentunya tahu ada pos-pos di titik tertentu. 

Cerita dibuka dengan pencarian pendaki hilang, seorang anak dengan usia sekitar delapan sampai sepuluh tahun. Anak tersebut tiba-tiba mendaki seorang diri dan menghilang. Dalam pencarian tersebut, saya menemukan banyak informasi. Pertama, karena pendaki tidak dilengkapi dengan alat mendaki, maka golden time adalah 30 jam sejak menghilang. Dan ketika itu, para jagawana memiliki waktu 7 jam. Kedua, pencarian harus berpasangan. Dalam salah satu scene seorang jagawana cedera, sehingga dia harus digantikan dengan jagawana lain. Ketiga, ada hal menarik mengenai posisi hilangnya pendaki. Ada posisi yang bisa menerima sinyal dan ada yang tidak. Keempat, pencarian dihentikan ketika terjadi badai. Kelima, tempat aman untuk menghindari badai di gunung adalah di sela-sela batu besar. Keenam, di gunung Jiri tidak sedikit orang yang datang untuk bunuh diri. Bahkan, bocah yang menghilang itu diduga datang untuk bunuh diri karena dia terkena perundungan di sekolah.

Hal pertama yang saya pikir dalam drama Jirisan ini adalah menenangkan, sebab jagawana juga memanjat dan turun tebing yang curam. Saya berpikir, “Mereka dibayar berapa untuk bekerja mempertaruhkan nyawa seperti itu?”

Jagawana yang dikerahkan tidak sedikit, sehingga dari sini saya simpulkan bahwa nyawa siapapun itu sangat penting.

Saya pikir, drama ini hanya akan membahas mengenai penyelamatan orang-orang hilang, tetapi ternyata juga mengangkat unsur mistis dan fantasi.

Pemeran Drama Korea Jirisan



Hal yang membuat saya bersemangat mengikuti drama Korea ini adalah pemainnya. Menurut saya, gila sih, pemainnya aktor dan aktris terkenal semua. Kamu yang pecinta drama Korea pasti akan mengenal mereka, bahkan beberapa kali dia muncul di drama-drama tahun 2021 ini.


Nah, di bawah ini adalah pemeran drama Korea Jirisan yang benar-benar membuat saya bersemangat.

Ju Ji-hoon sebagai Kang Hyun-Jo



Kalau kamu anak 90-an dan menyukai drama Korea sejak lama, tentunya tidak asing dengan Ju Ji-Hoon, sebab dia adalah aktor yang menjadi Pangeran Shin dalam drama Korea Princess Hours. Bagaimana? Sudah ingat? Selain Princess Hours Ju Ji-Hoon juga bermain drama di Mask, kemudian beberapa tahun belakangan dikenal dalam serial Netflix Kingdom. Itu, loh, drama zombie!

Dalam drama Korea Jirisan Ju Ji-Hoon dikenal sebagai Kang Hyun-Jo seorang jagawana yang baru bergabung dengan Taman Nasional Jirisan Stasiun Jagawana Haedong. Di hari pertamanya, dia sudah langsung mencari pendaki hilang. Nah, dia adalah jagawana yang dipasangkan dengan Seo Yi-Kang dan keduanya bekerja sama di hari pertama.

Jun Ji-hyun sebagai Seo Yi-Kang




Jun Ji-Hyun sudah lama tidak beredar di dunia drama. Dia kembali dengan penampilannya di drama spesial Kingdom: Ashin Of The North. Kamu tentu mengenal Jun Ji-Hyun yang sudah menghiasi dunia drama Korea maupun film sejak lama. Dulu dia pernah bermain film Sassy Girl, The Thieve, dan drama Korea My Love From The Stars bersama Kim Soo-Hyun. Drama terakhir yang dilakoninya adalah The Legend Of Blue Sea. 

Di drama Korea Jirisan Jun Ji-Hyun berperan sebagai Seo Yi-Kang jagawana senior di Taman Nasional Jirisan Stasiun Jagawana Hadeong. Dia dijuluki sebagai Iblis Seo karena temperamennya yang menyebalkan.


Uniknya, Jun Ji-Hyun pernah menjadi cameo di serial Kingdom 2 dan bertemu dengan Ju Ji-Hoon.

Oh Jung-se sebagai Jung Goo-Young



Sejak perannya sebagai Sang Tae di drama Korea It’s Okay Not To Be Okay, Oh Jung-Se menjadi perhatian khusus untuk saya. Dia berhasil berperan sebagai kakak Kim Soo-Hyun yang berkebutuhan khusus. Bahkan, dalam drama Jirisan ada scene dia mengulang kata kepada Kang Hyun-Joo yang mengingatkan saya akan karakter Sang-Tae. Tampaknya, sutradara sengaja, nih.

Go Min-si sebagai Lee Da-Won




Saya mengenal Go Min-Si dalam serial Netflix Sweet Home. Lalu, dia pernah bermain drama di Youth Of May pada tahun 2021 dan sekarang muncul di Jirisan. Di sini dia menjadi Lee Da-Won. Dalam episode pertama yang saya tonton, dia memiliki karakter sedikit ceroboh dan benar-benar masih pemula sekali. 

Lee Da-Won bergabung dengan para jagawana lain pada tahun 2020.

Jo Han-chul sebagai Park Il-Hae



Ahjussi satu ini sedang laris-larisnya. Dia kembali muncul di Jirisan, setelah sebelumnya ada di Vicenzo dan Hometown Cha-Cha yang baru saja taman minggu lalu. Di sini dia berperan sebagai Park Il-Hae yang merupakan salah satu jagawana juga. Dilihat sekilas, tampaknya posisi dia setara dengan Seo Yi-Kang.

Sung Dong Il sebagai Jo Dae-Jin



Sung Dong Il merupakan ayah Deok-Sun di drama Korea Reply 88. Wajah ahjussi ini juga sering muncul dalam banyak drama Korea. Tentunya, kamu tidak asing lagi dengan wajahnya. Di sini dia berperan sebagai Jo Dae-Jin dengan jabatan tertinggi di Taman Nasional Jirisan. Dia bekerja di kantor, tidak turun langsung dalam pencarian. 

Saya benar-benar tidak sabar menantikan episode 2 drama Korea Jirisan yang akan tayang malam ini. Semoga drama Korea ini selesai tanpa kendala. Kamu bisa menonton drama Korea Jirisan di aplikasi maupun website Iqiyi, ya. Ingat jangan nonton di tautan haram, Gais!









3 komentar:

  1. Aku lihat spoilernya udah beberapa minggu yang lalu..cuma nggak ngeh kalo ternyata udah tayang ya ahahaha..baru lihat tadi spoilernya episode pertama. Nontonya ntar aja pas agak banyakan xixi. Iyaaa, pemainnya, gilaaaaaa bikin merinding lho..keren keren bangetttttt....

    BalasHapus
  2. Yang buat aku tertarik sejak awal malah pemeran bapak-bapak ini yang tidak asing di drama korea. Sung Dong Il dan Jo Han-Chul yang pasti banyak ditemui di drama korea walaupun menjadi pemeran pembantu tetap aja menarik perhatian.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.