Platform Menulis Online



Tahun lalu saya menonton Drama Cina yang berkisah seorang penulis online. Saat itu, saya sudah bergabung dengan Wattpad Paid Stories. Pada drama tersebut platform menulis memiliki kantornya sendiri: ada atasan, editor, dan lainnya. Si Penulis pun sering datang ke kantor untuk membicarakan novelnya yang diterbitkan secara online.


Saat itu, saya berpikir, “Oh, ternyata dunia sudah semaju ini. Bukan sekadar penerbit buku saja yang memiliki kantor resmi, tetapi untuk platform menulis juga.” Pada kenyataannya, di Indonesia pun mulai ada platform menulis dan memiliki kantor juga. Platform menulis di Indonesia pun digarap dengan serius oleh orang-orang kompeten di bidangnya. Hal ini tentu memberikan angin segar untuk penulis platform untuk saya, yang sering ditolak oleh penerbit mayor. Hehe. Pada akhirnya, saya memulai karir menulis fiksi melalui platform ini.


Tak hanya di Drama Cina, Drama Korea yang baru-baru ini tayang yakni Doom At Your Service pun membahas profesi yang sama yakni mengenai penulis online, beserta editor di sebuah kantor. 


Penjelasan secara singkat saya mendapatkan penghasilan dari platform menulis. Novel saya dikontrak oleh Wattpad selama satu tahun dan bisa diperpanjang. Saya mendapatkan penghasilan dari penjualan novel di platform tersebut, dilihat dari berapa banyak orang membeli setiap bab di novel saya. Setelah kurang lebih tiga bulan, saya akan mendapatkan laporan royalti dari penjualan novel saya itu. 


Apa tidak ada buku fisik? Untuk saat ini, Wattpad hanya ada dalam buku digital. Di beberapa platform lain bisa dua jalur: buku digital dan buku fisik. Saya sendiri belum memiliki kesempatan untuk menerbitkan buku fisik. Novel terbaru saya dikontrak Cabaca, sama seperti Wattpad.


Jadi, pekerjaan saya kira-kira seperti karakter di bawah ini.


Penulis Platform Online 


Na Ji Na di Doom At Your Service



Na Ji Na dalam drama Doom At Your Service memang bukan karakter utama cerita, tetapi dia mendapatkan perhatian lebih dari saya. Tak Dong Kyung yang diperankan oleh Park Bo Young merupakan editor di sebuah platform online dan Na Ji Na adalah penulis di platform tersebut. Itulah kenapa saya menarik perhatian pada karakter Na Ji Na yang diperankan oleh Shin Do Hyun.

Ya, dia menarik perhatian saya bukan karena kisah cintanya yang diperebutkan oleh dua lelaki, melainkan karena dia penulis. Kehidupan Na Ji Na benar-benar impian saya yakni menjadi fulltime writer, memiliki rumah bagus, dan hidupnya hanya untuk menulis.


Dalam drama tersebut, digambarkan bagaimana cara kerja penulis online, kurang lebih seperti itulah saya. Tapi, bedanya di sana penulis terlihat lebih dihormati daripada di sini. Tampaknya, mengenai penghasilan pun sama, di Korea lebih mahal, hoho.


Na Ji Na harus menyerahkan bab baru - kalau tidak salah - setiap minggunya. Dari sana pun dilihat bagaimana feedback pembaca. Adapula peringkat cerita setiap bulannya. Sistem tersebut tidak jauh berbeda dengan platform menulis di Indonesia.


Tentu, penulis mendapatkan penghasilan dari berapa orang yang membuka gembok atau berapa banyak pembaca yang mampir di ceritanya. 


Itulah sedikit gambaran bagaimana menjadi penulis di platform online, ketika statistik menurun, kemungkinan penghasilan juga menurutn. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan berjualan buku fisik. Bedanya, untuk platform menulis, pembaca bisa membaca dan membayar perbab.


Bagaimana, masih mau menjadi penulis online?


1 komentar:

  1. Wah keren, iya sih setiap ada karakter yang bergelut di dunia kepenulisan selalu menarik perhatian saya. Saya juga menonton drama ini apalagi unik sih ceritanya, cuma lebih menarik yang sekalian tentang dunia menulis seperti romance is a bonus book, the book thief, dll. Hehe.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.