Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini Bersama Manulife

Dana Pensiun, Apa Gunanya, Dan Gimana Cara Mengumpulkannya?

Sebagai pekerja lepas, dana pensiun itu terdengar begitu jauh bagi saya. Bagaimana tidak, gaji dari menulis hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari dan Alhamdulillah untuk ditabung, meskipun tidak banyak. Tapi, soal dana pensiun? Ah, belum kepikiran sama sekali.


Berbeda dengan pegawai negeri, pekerja lepas tidak mendapatkan dana pensiun. Jangankan dana pensiun, gaji setiap bulannya saja tidak menentu. Untuk itu, saya mulai memikirkan mengenai dana pensiun yang disediakan oleh lembaga keuangan Manulife. 


Sebelum itu, saya mengikuti gathering yang diadakan secara virtual untuk mengetahui lebih lanjut mengenai DPLK Manulife dari pakarnya langsung.


Tua Itu Pasti, Hidup Bahagia Ketika Tua Belum Tentu

Menua itu sudah pasti, tetapi menua dan bahagia belum tentu. Dalam hal ini bahagia adalah bisa hidup di masa tua tanpa membebani orang lain atau menjadi beban hidup anak. Bukankah kita bekerja di masa muda, untuk bekal di masa tua? Sebab, usia tidak ada yang tahu, bisa jadi kita hidup seribu tahun lagi.


Menjadi tua berarti pula tubuh yang semakin lemah. Dengan melemahnya tubuh, tentu kita akan sulit untuk bekerja. Selain itu, ada masa kita akan jatuh sakit, sehingga membutuhkan dana untuk berobat. Sebagai orang tua, tentu kita tak ingin merepotkan anak apalagi orang lain. Dana pensiun sangat penting untuk menyambut masa tua dengan bahagia.


Kamu pernah berpikiran tidak, bagaimana hari tua kita nanti? Apakah nyaman di masa tua dengan dana pensiun atau tidak. Tentu, saya tidak ingin ketika tua nanti masih bekerja dan tidak memiliki tabungan apalagi dana pensiun. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana pensiun sejak dini sangat bagus.


Mengenai Dana Pensiun Lembaga Keuangan


Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelolah dan menjalankan program manfaat dana pensiun. 


Saat ini, peforma DPLK Indonesia tetap bertahan di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional di Indonesia dengan total aset kelolah sebesar Rp 21 miliar dan pertumbuhan meningkat 14% dibanding tahun sebelumnya. 


Dengan program tersebut Manulife berharap bisa membantu nasabahnya lebih paham/melek mengenai pentingnya dana pensiun sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar keluarga Indonesia meraih hidup yang lebih bahagia di masa tua. Manulife melakukan edukasi mengenai dana pensiun dini, untuk membantu warga Indonesia dalam menghadapi masa tua nantinya.


Manfaat Dana Pensiun Manulife Bagi Karyawan


Dana pensiun memiliki manfaat tidak hanya di masa tua nanti, pun ketika kamu memilikinya saat ini. Apa saja manfaat tersebut?

  • Jaminan kesinambungan penghasilan di usia pensiun. 
  • Dapat mengurangi pajak penghasilan pribadi (PPh 21).
  • Pendanaan yang "sudah pasti" dari Pemberi Kerja.
  • Hasil investasi bebas pajak sampai dengan manfaat program dibayarkan.
  • Terpisah dari kekayaan perusahaan.

Menyiapkan dana pensiun sejak dini sama saja dengan mencintai diri sendiri dan orang lain. Sehingga, ketika kita tua nanti, secara finansial lebih “aman” dan memberikan efek bahagia serta pensiun dengan tenang.


Kenapa Kita Butuh Dana Pensiun?

Kenapa kita butuh dana pensiun? Sedikit alasannya sudah saya sebutkan di atas, tetapi di bawah ini bisa kamu baca alasan kenapa kamu butuh dana pensiun.


1 | Lansia Rentan Terkena Penyakit


Dengan bertambahnya usia, tentunya tubuh akan semakin melemah. Sangat wajar apabila tubuh sudah tak mampu menompang dan menjadi sakit-sakitan. Dan ketika sakit, tentunya kita membutuhkan dana untuk berobat. Untuk itu, memiliki dana pensiun sangat penting.


2 | Lansia Rentan Menjadi Orang Terlantar


Tidak semua orang tua memiliki anak dan tidak semua orang tua dibiayai oleh anak. Terkadang, ada orang tua yang enggan dibiayai anak karena tidak ingin menjadi beban. Itulah sebabnya, banyak orang tua lebih memilih tinggal di panti jompo daripada menjadi beban anak. Untuk itu, memiliki dana pensiun penting agar kita bisa mandiri ketika tua nanti. Tanpa merepotkan anak dan orang lain.


3 | Kebutuhan Meningkat


Menjadi tua bukan berarti kebutuhan tidak banyak. Justru, ketika tua kebutuhan untuk berobat, makan, tempat tinggal pun meningkat. Memiliki dana pensiun tidak semata-mata untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk membiayai diri sendiri tanpa harus merepotkan orang lain.


Banyak hal yang harus kita pikirkan demi masa depan yang baik, untuk itu bisa memulai dari sekarang juga. 


Nah, setelah tahu mengenai Dana Pensiun Lembaga Keuangan dari Manulife, apakah kamu sudah terbuka mengenai masa tua nanti? Saya berharap setelah membaca artikel ini, kamu bisa memiliki bayangan mengenai dana pensiun untuk masa tua nanti. Semoga membantu, ya.


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah mantep ini, daripada cuma galau memikirkan hari tua ga akan ada pensiunan karena bukan pegawai negeri. Lebih baik mempersiapkannya dananya.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^