Laman

6 Des 2021

Peluang Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga

Macbook Pro on Brown Wooden Table

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM semakin berkembang dengan pesat yang mana tidak terlepas dari adanya dorongan dari pemerintah. Pasalnya usaha-usaha kecil inilah yang menopang perekonomian Indonesia tatkala Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan tersebut dibuat guna meminimalisir aktivitas masyarakat di ruang terbuka dan mencegah terjadinya kerumunan dimana berpotensi memicu terjadinya penyebaran COVID-19 semakin masif.

Dengan adanya PPKM lantas membuat roda perekonomian lumpuh akibat banyaknya usaha – usaha besar yang berhenti total. PPKM menjadi katalis terhadap peningkatan jumlah kegiatan belanja daring atau online shopping di berbagai marketplace. Oleh karena itu, peluang bisnis online selama pandemi COVID-19 benar-benar terbuka dengan sangat lebar mengingat segala aktivitas berlangsung dari rumah sehingga dunia online yang menjadi penyambung guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Besarnya peluang bisnis online ini dapat dicoba oleh siapa pun mulai dari orang tua, kamu muda, pelajar, orang yang terkena imbas Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga ibu rumah tangga (IRT) sekalipun. Meskipun hanya sebatas ibu rumah tangga tetapi peran ibu sangatlah penting bagi sebuah keluarga mulai dari sebagai pendidikan pertama bagi anak, menyiapkan berbagai keperluan anggota keluarga, sampai pengatur keuangan. Kepiawaian multitasking seorang ibu atau kemampuan melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dapat menjadi faktor pendorong bahwa ibu pun mampu membangun bisnis online di samping tugas pokoknya sebagai figur ibu di dalam sebuah keluarga.

Peluang ini perlu dicoba mengingat di kondisi COVID-19 mencari sesuap nasi terasa sangat susah sehingga tatkala ada peluang bisnis harus dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya. Harapannya Ibu mampu membantu perekonomian keluarga yang tengah terhimpit bahkan berpotensi menjadi sumber penghasilan utama jika bisnis online dilakukan secara konsisten dimana prospek belanja daring nampaknya masih memiliki nafas panjang.

Jenis Usaha Online Bagi Ibu Rumah Tangga


Dari keahlian seorang ibu dalam berbagai bidang seperti memasak makanan rumahan, mencuci, menyetrika, membuat camilan seperti makanan ringan atau snack hingga kue-kue kering, dan kemampuan lainnya dapat dijadikan sebagai peluang bisnis online. Berikut usaha-usaha online rekomendasi dari Maganate.Id yang dapat dicoba oleh IRT dan berpotensi didapat keuntungan yang besar, antara lain:

- Membuat Kerajinan Tangan

Apabila Anda merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dan hobi di bidang handicraft atau kerajinan tangan baik itu dari barang-barang bekas atau dari bahan dasar yang unik maka tidak ada salahnya menjadikan hobi Anda sebagai peluang bisnis. Sektor industri kreatif ini dapat Anda optimalkan untuk menambah pendapatan keluarga dan potensi di industri ini cukup menjanjikan. Modal usaha untuk membangun bisnis kerajinan tangan ini pun tidak begitu besar, cukup mengandalkan kemampuan dan kemauan yang besar.

Daya kreativitas Anda akan meningkat seiring perkembangan waktu apabila Anda benar-benar konsisten di bidang usaha handicraft ini. Produk yang Anda buat bisa berupa souvenir untuk acara pernikahan, parcel, bingkisan, karangan bunga, pakaian rajut, tas rajut dan lain sebagainya. Proses membuatnya pun sangat fleksibel dapat dilakukan setelah tugas utama sebagai IRT selesai dan pemasarannya pun bisa dilakukan dari rumah yakni cukup mengunggah di akun media sosial atau menjualnya di marketplace.

- Membuka Jasa Catering

Bisnis makanan senantiasa akan tetap hidup selama manusia masih hidup karena makanan merupakan kebutuhan utama bagi seorang manusia. Kebiasaan ibu rumah tangga dalam memasak bahan makanan menjadi sebuah kudapan nan lezat dapat menjadi peluang usaha online yang cukup menjanjikan. Apalagi saat ini, pemesanan makanan melalui platform ojek online meningkat secara signifikan karena selain dapat diantar langsung ke rumah, pembeli pun tidak perlu repot-repot mengantri atau menunggu sampai pesanan siap tetapi peran tersebut digantikan oleh para driver ojek online sementara pemesan hanya perlu duduk manis di rumah.

Makanan yang dipesan pun tidak hanya satu atau dua orang saja tetapi juga untuk banyak orang atau paket catering. Namun biasanya untuk paket catering pembeli melakukan booking atau pemesanan jauh-jauh hari dan umumnya pemasaran catering adalah di media sosial sementara penjualan di platform ojek online hanya untuk porsi kecil saja. Jangan khawatir apabila Anda hanya bisa memasak makanan rumahan saja justru beberapa orang lebih menyukai makanan rumahan atau homey daripada makanan cepat saji atau junk food.

- Produksi Camilan Ringan

Jika Anda adalah ibu rumah tangga yang hobi membuat makanan ringan seperti kue-kue kering maupun makanan ringan seperti keripik, bakso goreng, makaroni pedas, dan lain sebagainya. Anda dapat menjualnya di berbagai marketplace dengan berbagai opsi kemasan mulai dari berat 250 gram (kemasan kecil) hingga kemasan besar yang atau kiloan. Bisnis online makanan ringan lebih mudah dalam penjualan dan pengiriman mengingat makanan ringan tidak mudah basi dan cukup melapisinya dengan bubble wrap yang cukup tebal agar makanan tidak hancur di saat perjalanan menuju tangan pembeli.

Demikian rekomendasi bisnis usaha online bagi ibu rumah tangga tanpa meninggalkan tanggung jawab sebagai seorang “ibu” seutuhnya dalam sebuah keluarga. Ulasan bisnis tersebut merupakan usaha-usaha yang paling mudah dengan potensi keuntungan pundi-pundi uang yang besar. Walaupun mencari uang sejatinya bukanlah tugas utama dari seorang ibu rumah tangga tetapi tidak salah juga apabila seorang IRT mempunyai pendapatan sendiri. Tujuannya untuk membantu suami dalam mensejahterakan perekonomian keluarga mengingat biaya hidup yang kian meningkat setiap harinya. Apalagi usaha yang dijalankan adalah hobi dan kegiatan yang memang sehari-harinya dilakukan tentu tidak ada tekanan justru semua dilakukan dengan senang hati.

1 komentar:

  1. Banyak banget peluangnya, apalagi bisnis online snagat bermanfaat untuk kita selain mengisi waktu luang dan mendapatkan uang.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^