Cara Mengetahui Buku Bajakan di Marketplace



Membedakan buku bajakan dan tidak di toko buku luring sangat mudah, beberapa cirinya adalah kertas buruk, jilidan jelek, cover tipis serta tidak timbul, dan cetakan yang buram. Namun, bagaimana cara kita membedakan buku bajakan dan tidak ketika membeli di toko buku online? Baiklah kalau kita membeli di toko buku online terpercaya seperti Togamas atau Gramedia, kalau selain toko buku itu bagaimana?

Pada umumnya, penjual buku bajakan tidak mencantumkan secara jelas keterangan mengenai buku tersebut bajakan atau tidak. Mereka tidak dengan gamblang mencantumkan dalam deskripsi seperti “buku bajakan” atau “buku non-ori”. Apabila kita tidak benar-benar teliti atau masih awam dalam belanja buku di marketplace, maka bisa saja kita terkecoh oleh deskripsi pembeli dan menganggap buku yang kita beli merupakan buku orisinal.

Dari pengalaman saya membeli buku secara daring, saya mengobservasi bagaimana kebiasaan penjual ketika menjual buku bajakan. Mereka memang memberikan klue atau ciri-ciri secara tidak langsung bahwa buku yang mereka jual merupakan buku bajakan.

Jadi, begini cara membedakan buku original dan tidak original di marketplace.

Cara Membedakan Buku Bajakan dan Buku Original di Toko Online


Mengenai harga bukanlah patokan utama bahwa buku tersebut original atau tidak. Sebab, tiga tahun silam ketika saya mencari buku Bumi Manusia series yang saat itu sedang langka, banyak penjual buku bajakan yang menjual buku mereka dengan harga tinggi, bahkan lebih tinggi dari harga aslinya. Ini sangat miris dan menyedihkan. Lalu, ada pula buku-buku original cetakan lama yang memang dijual murah, bahkan ada yang dijual harga Rp 5000 dan masih segel. Sehingga, apabila kamu berpikir bahwa buku murah pasti buku non-ori dan buku mahal pasti buku asli, kamu salah.

Sedihnya, pembaca tidak tahu kalau itu bajakan.



1 | Penjual Buku Bajakan Memberikan Deskripsi Bertele-tele




Hal mendasar yang harus kamu kuasai adalah dengan membaca deskripsi dengan seksama. Mereka cenderung memberikan deskripsi bertele-tele, bukan sekadar keterangan isi buku; blurb, nama penulis, nama penerbit, dll. Penjual buku bajakan tidak mengatakan buku mereka bajakan, tetapi biasanya mereka menuliskan sebagai berikut:
  • Buku re-print
  • Buku re-pro
  • Cetakan bagus
  • Ada harga ada kualitas (Kenapa dia harus menulis ini, padahal kalau buku asli bukan dia yang cetak dan menerbitkan?)
  • Bookpaper

2 | Menjual Novel Penulis Besar dan Keluaran Baru Dengan Harga Murah

Sudah terjual sampai ribuan :(


Nama penulis dan tahun terbit buku juga menjadi salah satu penyebab harga buku masih dalam harga normal atau sudah didiskon. Biasanya, apabila buku tersebut dari penulis terkenal walaupun cetakan lama, harga masih normal atau selisihnya tidak jauh. Lalu, tahun terbit buku juga mempengaruhi. Apabila kamu melihat buku dengan harga murah dan buku tersebut baru terbit dua sampai tiga tahun lalu, atau bahkan baru terbit tahun ini, maka sudah jelas itu buku bajakan.

3 | Penjual Star Seller


Kamu juga bisa mengecek toko buku online tempat kamu berbelanja, apakah dia sudah menjadi star seller atau belum. Biasanya, penjual dengan star seller tidak menjual buku bajakan dan sudah terpercaya. Tapi, kalau sampai ada, berarti negara kita sedang sakit.

4 | Bila Ragu, Tanyakan Ke Penjual Langsung

Deskripsi hanya begitu, membuat orang terkecoh

Ini ketika saya chat


Penjual buku bajakan memang tidak menuliskan deskripsi yang jelas, bahkan ada yang tidak menulis buku itu repro atau non-ori di deskripsi, maka jangan ragu untuk bertanya langsung. Sejauh ini, ketika saya melakukan itu, penjual menjawab dengan jujur.

Apabila setelah membaca artikel ini kamu masih ragu untuk membeli buku di marketplace karena takut buku tersebut bajakan, maka lebih baik kamu membeli buku di toko online yang terpercaya seperti Gramedia, Togamas, Republik Fiksi, Bumi Fiksi, dll. Atau bisa langsung membeli di akun official penerbit. Pilihan lain adalah membeli langsung ke toko buku offline.

Semoga bermanfaat ya.

1 komentar:

  1. Nah bener banget, biasanya pengooleksi buku atau pembaca lebih memilih cari buku yang murah tanpa tahu kalau buku tersebut buku bajakan. Memang perlu hati-hati kalau beli di marketplace, tapi ada baiknya langsung ke penerbit yang menerbitkannya atau ke penulisnya. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.