Laman

23 Jun 2022

Mulai Peduli Kesehatan Tulang Menginjak Usia 30 Tahun




Mulai Peduli Kesehatan Tulang Menginjak Usia 30 Tahun - Bagi perempuan yang sudah menginjak usia 30 tahun, bukan sekadar kecemasan belum memiliki pasangan, karir, dan tujuan hidup saja yang dipikirkan. Tapi, kami mulai memikirkan mengenai kesehatan tulang. Di usia 30 tahun, tulang menunjukkan tingkat kepadatannya, setelah itu akan berangsur terjadi penurunan kepadatan tulang. Tak bisa dipungkiri bahwa saya harus peduli mengenai hal ini.

Tampaknya, kesehatan tulang saya pun sudah mulai terganggu, dilihat ketika setiap kali selesai nonton di bioskop, lutut kiri saya terasa sakit. Sehingga, ketika menuruni anak tangga di bioskop saya sedikit tertatih-tatih. Mungkin, hal ini disebabkan oleh pola hidup saya yang kurang baik karena setiap hari mengkonsumsi kafein, ditambah lagi pekerjaan saya lebih banyak di depan laptop berjam-jam.

Fakta yang mengejutkan, sebagian besar penderita osteoporosis merupakan berjenis kelamin perempuan. Meskipun begitu, penyakit ini juga bisa menyerang laki-laki, walaupun kasus yang ada terbilang sedikit.

Tentu saja, mengetahui hal tersebut membuat saya sedikit cemas, apalagi penyakit ini bisa terdeteksi kalau sudah muncul retak atau tulang keropos. Sehingga, saya harus waspada dengan gejala osteoporosis yang ada dan lebih baik mencegah itu terjadi.

Mulai Hidup Sehat dan Konsumsi Vitamin


Sudah jelas, untuk mencegah pengeroposan tulang kita harus mulai hidup sehat dan mulai mengkonsumsi vitamin.

1 | Olahraga


Tak hanya untuk mencegah penyakit osteoporosis, faktanya olahraga memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan, dengan olahraga badan lebih bugar dan sehat. Apalagi untuk kamu yang pekerjaan setiap harinya duduk di depan laptop seperti saya. Saya tahu, kita kurang gerak dengan pekerjaan ini.

Dari informasi yang saya dapatkan, olahraga yang bagus untuk mencegah penyakit osteoporosis yakni foot stomps, shoulder lifts, harmstring curl, squat, dan standing on one leg.


2 | Mengatur Pola Makan


Sebagian besar penyakit datangnya dari apa yang kita konsumsi. Termasuk penyakit osteoporosis. Tentunya, kita harus mengatur pola makan yang sehat untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

3 | Memenuhi Kebutuhan Kalsium


Pengeroposan tulang diakibatkan karena kekurangan kalsium dan vitamain. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk memulai mengkonsumsi vitamin dan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Di pasaran sudah banyak kok produk vitamin yang menganduk kalsium, vitamin D, dan kebutuhan lainnya untuk tulang.

Selain untuk mencegah sakit osteoporosis, dengan mengkonsumsi vitamin juga memberikan efek baik bagi tubuh kita.

4 | Pola Hidup Sehat


Pola hidup sehat juga sangat penting, nih. Dalam poin ini olahraga juga termasuk. Tapi, jangan lupa untuk membatasi diri juga. Seperti jangan bergadang, tidur yang cukup dan berkualitas. Banyak minum air putih dan sebagainya. Pentingnya mengetahui diri sendiri, bagaimana tubuh merespon, dan mengatur pola hidup akan sangat membantu untuk kesehatan kita mendatang.

Banyak orang yang terlalu fokus pada bekerja demi mendapatkan uang, seakan-akan kita hidup selama-lamanya dan tidak akan pernah sakit. Padahal, apa pun bisa terjadi pada diri kita pada satu detik mendatang. Oleh sebab itu, baiknya kita memperhatikan segala aspek yang ada, terutama mengenai kesehatan diri kita sendiri.

Bukankah dengan adanya kesehatan, kita bisa menikmati hidup lebih baik dan lebih bahagia? Oleh karena itu, mari kita melihat apa yang terjadi dengan tubuh kita, selalu cek apakah ada gejala osteorporosis dan segera periksakan. Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya!

1 komentar:

  1. Di usia ini memang waktunya merawat tulang dan rawan banget, biasanya dampak buruk dari kebiasaan salah yang berkaitan dengan tulang akan terasa di umur 30 tahun. Pastinya menjaga kesehatan tulang menjadi hal yang sangat penting dengan memenuhi kebutuhan kalsium pastinya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^