Banner IDwebhost
1 Jan 2023

Pencapaian di Tahun 2022



Tidak terasa sudah tahun 2023 saja. Satu tahun telah berlalu dan pasti banyak kejadian yang terjadi setahun ini. Di tahun 2022 ternyata banyak hal yang terjadi. Sebab, di tahun itu impian saya untuk menerbitkan novel solo terwujud.

Tak hanya itu, banyak hal yang terjadi di tahun 2022 dan saya ingin menuliskannya di blog ini.

Pencapaian di Tahun 2022


1 | Menerbitkan Novel


Saya ingin menjadi novelis sejak kelas tiga SMP. Setelah lima belas tahun berlalu, akhirnya keinginan itu terwujud juga. Setelah novel saya diterima di bulan November 2021, di bulan Februari 2022 novel Madeira resmi terbit dan saya mendapatkan buku fisiknya satu bulan kemudian.

2 | Madeira di Toko Buku


Di bulan Maret 2022, tepatnya di tanggal 1 Maret saya berjalan-jalan ke toko buku. Sudah jelas, saya ingin menengok anak pertama saya itu. Ternyata, benar. Madeira sudah ada di toko buku. Allahuakbar, impian saya selama ini telah tercapai di tahun 2022. Alhamdulillah.

3 | Booktalk Gresik dan Surabaya


Setelah novel saya terbit, saya melakukan banyak kegiatan promosi di media online. Kali ini, saya dan tim penerbit melakukan promosi offline karena memang pandemi sudah longgar. Kami melakukan booktalk di Gresik dan Surabaya. Tentu, ini pengalaman kedua saya, setelah di tahun 2014 melakukan kegiatan serupa di Malang.

4 | Pembicara Online


Setelah menjadi pembicara di booktalk, akhirnya ada yang mengajak saya untuk menjadi pembicara online. Kali ini, saya lebih kepada mengajar mengenai dunia kepenulisan alih-alih mempromosikan buku. Menjadi pembicara yang ini merupakan kegiatan pertama saya yang berbayar. Tentu, saya senang sekali.

5 | Pengajar Offline


Setelah menjadi pengajar online, saya diajak untuk menjadi pengajar offline. Acara ini merupakan acara dari pemerintah dan dilakukan di sekolah-sekolah. Kebetulan, sekolah yang saya datangi adalah SMA saya dulu. Tentu, saya senang sekali melakukannya.

6 | Royalti Pertama


Sebelumnya, saya sudah sering mendapatkan royalti dari menulis novel secara online. Untuk pertama kalinya, di tahun 2022 saya mendapatkan royalti dari menulis novel yang dicetak alias buku fisik. Hasilnya lumayan dan tidak mengejutkan apabila dalam waktu enam bulan tidak sebanyak penghasilan saya menulis online. Tapi, ada kebanggaan tersendiri ketika sudah memiliki buku solo dan tersebar di seluruh toko buku offline maupun online.

7 | Perjalanan ke Yogyakarta


Setelah rangkaian pencapaian di tahun 2022 ini, di akhir tahun saya mengunjungi kantor penerbit yang ada di Yogyakarta. Terakhir bepergian naik kereta dan ke Jogja adalah tahun 2019 sebelum pandemi. Sekarang, akhirnya saya bisa jalan-jalan lagi.

Nah, itu dia pencapaian yang saya dapatkan di tahun 2022. Sebenarnya, ada pencapaian yang luar biasa juga di tahun 2022, tetapi itu terlalu pribadi untuk dibicarakan. Hehe. Yang jelas, saya bangga dengan diri sendiri telah melewatinya dengan baik meskipun penuh air mata.

Selamat tahun baru!

1 komentar:

  1. Congrats atas pencapaian selama satu tahunnya, so proud of you! Kedepannya semakin sukses di pencapaian dan resolusinya. Bisa jadi inspirasi ini pencapaiannya, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^