Mar 26, 2023

Peduli Lingkungan Dengan Mengurangi Pemakaian Listrik




Peduli Lingkungan Dengan Mengurangi Pemakaian Listrik Kita semua tahu bahwa listrik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Terutama untuk saya yang bekerja mengandalkan listrik. Apabila listrik mati, maka saya tidak akan bisa bekerja dengan baik. Seringnya, ketika terjadi pemadaman listrik atau Wi-Fi mati saya melipir ke kafe untuk bekerja dari sana. Mau bagaimana lagi karena itu memang tuntutan pekerjaan.

Namun, pemakaian listrik yang berlebihan dapat menyebabkan masalah lingkungan dan juga biaya yang tinggi. Oleh karena itu, saya melakukan beberapa hal untuk mengurangi pemakaian listrik di luar kebutuhan saya. Tentu, hal ini bisa kamu tiru tapi sesuaikan juga dengan kebutuhan kamu, ya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian listrik sehari-hari kita. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi penggunaan listrik di rumah:

1 | Matikan Peralatan Listrik yang Tidak Digunakan



Kebiasaan yang paling mudah dilakukan adalah mematikan peralatan listrik ketika tidak digunakan. Meskipun terlihat sederhana, kebiasaan ini dapat menghemat banyak energi dan uang di tagihan listrik bulanan.

Kamu bisa mulai dengan mengubah kebiasaan burukmu yang membiarkan charger masih mencap di colokan, kipas angin yang menyala terus menerus, dan apabila kamu memiliki laptop yang harus dicas terus, lebih baik mulai memikirkan untuk mencari laptop baru dengan baterai yang tahan lama, hoho.


2 | Gunakan Lampu LED atau Cahaya Alami


Lampu LED lebih efisien daripada lampu pijar biasa. Selain itu, lampu LED juga lebih tahan lama dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, yang membuatnya lebih aman untuk digunakan. Mengganti lampu pijar dengan lampu LED dapat mengurangi konsumsi listrik kamu dan juga dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Apabila kamu tidak memiliki lampu LED, kamu bisa memanfaatkan cahaya alami ketika siang hari. Biasanya, saya memanfaatkan hal ini, kebetulan ketika pagi hingga tengah hari cahaya matahari sangat bagus di kamar saya. Sehingga, saya memakai cahaya matahari untuk bekerja alih-alih menyalakan lampu.

3 | Matikan komputer dan Laptop Ketika Tidak Digunakan



Komputer dan laptop membutuhkan energi yang cukup besar untuk berjalan. Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan komputer atau laptop ketika tidak digunakan. Jika kamu meninggalkan perangkat selama beberapa jam, maka pastikan untuk memasukkannya ke dalam mode tidur atau mode hemat energi.

Hal itu dilakukan pun tak hanya untuk menghemat listrik, tetapi juga berpengaruh besar untuk kondisi perangkat elektronik kamu. Dengan menggunakan mode tidur untuk laptop pun agar mesin laptop dingin dan kamu bisa menggunakannya lagi nantinya.

4 | Kurangi Pemakaian AC


AC adalah salah satu alat yang paling banyak mengkonsumsi listrik di rumah. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak dan hanya ketika diperlukan. Cobalah untuk menyesuaikan suhu ruangan dengan suhu di luar ruangan. Selain itu, pastikan AC ditempatkan di tempat yang strategis agar sirkulasi udara lebih baik.

5 | Menggunakan Kipas Angin atau Buka Jendela Kamar


Kipas angin mengkonsumsi listrik yang jauh lebih sedikit daripada AC. Cobalah untuk menggunakan kipas angin ketika suhu udara sedang tidak terlalu tinggi. Ini juga dapat membantu menghemat uang di tagihan listrik bulanan kamu. 

Alternatif lain, kamu bisa memanfaatkan jendela yang ada di rumah kamu. Dengan membuka jendela kamu bisa mendapatkan udara yang alami dan lebih menyenangkan. Apalagi, saat itu masih pagi atau ketika sore hari.

6 | Gunakan Alat Listrik Dengan Efisien


Pastikan untuk menggunakan alat listrik dengan efisien. Jangan gunakan oven untuk memanggang makanan kecil, gunakan microwave atau toaster oven. Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian hanya dalam jumlah sedikit. Gunakan air dingin untuk mencuci pakaian dan gantung pakaian di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya.

7 | Perhatikan Bocor Listrik


Pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki bocor listrik. Bocor listrik dapat menyebabkan konsumsi listrik yang lebih tinggi dan juga dapat menyebabkan kecelakaan yang serius.

Kesimpulannya, mengurangi penggunaan listrik sehari-hari dapat membantu menghemat energi dan uang. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti mematikan peralatan listrik ketika tidak digunakan, menggunakan lampu LED, dan menggunakan AC dengan bijak, dapat mengurangi energi listrik yang berlebih.

Mungkin dari tujuh poin di atas tidak bisa kamu ikuti semua tapi kamu bisa melakukannya beberapa hal dan itu tidak masalah. Misalnya, selama dua jam tidak menggunakan listrik di hari tertentu. Sedikit saja hal yang kita lakukan untuk lingkungan, itu bedampak besar sekali untuk masa depan.

Buat kamu yang peduli lingkungan juga, yuk ikutan challenge Team Up For Impact di sini.

Semoga bermanfaat!

1 Comments:

  1. Listrik yang paling berpengaruh ke lingkungan ternyata, kehidupan manusia memang berdampak juga pada kesehatan bumi. Banyak banget kebiasaan buruk yang harus dihindari, apalagi masalah listrik. Mengingat listrik juga mahal tidak ada salahnya menghemat penggunaannya. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost