Apr 13, 2023

Menciptakan Suasana Bekerja Dari Rumah




Berawal dari adanya Covid19, kini bekerja dari rumah atau work from home semakin banyak digemari. Alasannya karena lebih fleksibel dan tidak perlu bermacet-macetan di luar. Kalau dipikir-pikir, memang hal yang menyebalkan dari bekerja di kantor adalah perjalanan berangkat dan pulang. Apalagi, kalau berada di kota besar dan itu pasti macet parah. Belum lagi, kena banjir. Fiuh.

Namun, bekerja dari rumah tidak sepenuhnya menyenangkan. Terutama, ketika harus menghadapi kebosanan. Sebab, kita bekerja sendiri di rumah, tanpa teman untuk diajak bicara.

Menciptakan suasana kerja yang baik dari rumah sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan selama bekerja di rumah. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu menciptakan suasana kerja yang baik dari rumah:

1 | Buat ruang kerja yang terpisah dari area tempat tinggal


Ini membantu kamu memisahkan pekerjaan dari waktu bersantai dan menciptakan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu luang. Namun, apabila kamu tidak memiliki ruang lebih untuk hal tersebut, tidak masalah. Kamu bisa menciptakan suasana kerja seperti yang saya lakukan di sini.

2 | Gunakan ruangan yang baik


Pilih tempat yang tenang dan memiliki pencahayaan yang baik untuk menjaga fokus dan konsentrasi kamu selama bekerja. Apabila kamu tidak memiliki jendela dengan cahaya matahari yang bagus, tidak masalah. Kamu bisa menggunakan lampu yang terang dan jelas, sehingga bisa membuat kamu bekerja lebih nyaman lagi.


3 | Gunakan dekorasi atau tata letak yang dapat meningkatkan suasana hati 


Saya sudah menuliskannya di sini. Kamu bisa menggunakan dekorasi untuk meningkatkan mood bekerja dari rumah seperti tanaman hijau, lukisan, atau benda-benda kesukaan yang memberikan inspirasi dan motivasi.

4 | Gunakan peralatan kerja yang tepat


Menggunakan meja dan kursi yang bagus dan baik mampu meningkatkan mood dalam bekerja. Melihat meja yang tertata rapi pun bisa membuat kamu betah bekerja dari rumah meskipun tanpa teman bicara. Selain itu, pastikan koneksi internet kamu memadai. Tidak perlu terlalu kencang, yang penting koneksi stabil. Tentunya, koneksi kencang atau tidak tergantung dari pekerjaan yang kamu lakukan.

5 | Buat jadwal kerja yang jelas dan tetap berpegang pada jadwal tersebut. 


Membuat jadwal yang jelas dan sesuai kemampuan adalah hal yang harus kamu lakukan. Sebab, terkadang kita tidak bisa mengerjakan seluruh taks karena keterbatasan waktu. Kita pikir bekerja dari rumah waktu lebih fleksibel dan lebih banyak. Namun, kamu akhirnya melupakan untuk beristirahat.


6 | Mengambil Jeda


Jangan lupa untuk mengambil jeda reguler selama bekerja untuk bergerak atau beristirahat sejenak. Berdiri, berjalan-jalan, atau melakukan peregangan ringan dapat membantu kamu tetap fokus dan berenergi.

Biasanya, di antara waktu-waktu bekerja, saya menyempatkan diri ke dapur untuk masak makan siang atau sekadar mencuci piring. Bisa juga disambi menjemur baju. Hal ini agar tidak terlalu lama duduk saja.

7 | Pengertian Keluarga


Komunikasikan harapan kamu terhadap keluarga atau teman yang tinggal denganmu tentang waktu kerja dan batasan ruang kerja, sehingga mereka dapat memahami dan menghormati waktu dan ruang kerja kamu. Jangan sampai ketika kamu sibuk bekerja, keluarga datang dan meminta bantuan yang sebenarnya bisa ditunda. Kalau urgent, sih, bisa dimaklumi, ya.

Semoga tips ini membantu kamu menciptakan suasana kerja yang baik dari rumah!

1 Comments:

  1. Soal tempat kerja memang perlu jadi pertimbangan karena dibutuhkan lingkungan yang menunjang. Tentunya kalau kondisi mendukung dan tempatnya bikin nyaman, jadi suasana hati itu fresh sehingga pekerjaan bisa selesai. Terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost