May 10, 2023

Pentingnya Internet Untuk Bekerja Dari Rumah




Saya merasakan betul bagaimana pentingnya jaringan internet di masa sekarang. Saya hidup di sebuah dusun yang ketika memakai jaringan internet dari ponsel sangat sulit sinyal. Maka, saya memasang jaringan Wi-Fi, sebab pekerjaan saya berurusan dengan internet dan dari rumah. Bagaimana saya bisa menghasilkan uang kalau jaringan internet saja buruk?

Maka, saya membutuhkan internet provider yang mumpuni dan berpengalaman. Satu-satunya internet provider yang bisa saya temui adalah Indihome dari Telkom Indonesia. Memang, siapa, sih, yang tidak tahu IndiHome?

Sebelum lanjut, saya mau memperkenalkan diri. Saya Wulan Kenanga seorang penulis lepas. Lalu, pekerjaan apa, sih, yang sebenarnya saya lakukan sebagai penulis lepas?

Banyak pekerjaan yang saya lakukan di antaranya adalah menjadi penulis fiksi di platform online, penulis blog, lalu content creator Tiktok dan Instagram. Melihat pekerjaan-pekerjaan saya tersebut, sudah pasti ketiganya memerlukan jaringan internet yang mumpuni untuk kelancaran pekerjaan. Belum lagi, saya harus melakukan zoom meet dengan penerbit maupun ketika ada event blogger yang dilakukan secara online.

Nah, di bawah ini merupakan hal yang saya lakukan untuk pekerjaan saya.

1 | Penulis Online di Platform


Saya sudah menulis novel online sejak tahun 2016. Tentu, namanya online pasti memerlukan jaringan internet. Untuk itu, bagi saya memiliki jaringan internet yang lancar sangat berpengaruh dengan kelangsungan pekerjaan saya.

Apa, sih, yang diperlukan penulis online dalam memaksimalkan tulisannya?

Riset.

Tidak hanya asal menulis cerita, penulis online pun harus riset untuk menghidupkan cerita dalam novelnya. Di mana saya melakukan riset? Sudah pasti saya melakukan riset dengan googling, youtube, tiktok, dan bertanya pada seseorang narasumber.

Semua riset tersebut sudah pasti membutuhkan jaringan internet yang bagus. 

2 | Menulis Blog


Namanya juga menulis blog, pasti membutuhkan akses internet cepat untuk mengakses blog. Sama halnya dengan menulis novel online, saya juga sudah memiliki blog sejak lama. Oleh karena itu, menulis blog sudah menjadi bagian hidup saya serta menjadi tempat saya mencari penghasilan.

Tak jauh berbeda dengan menulis novel online, saya menulis blog membutuhkan riset. Terutama ketika mengerjakan tema artikel yang tidak terlalu saya pahami, maka saya membutuhkan informasi dengan mengakses internet. 

Tak hanya riset saja. Saya sering menghadiri event online yang membutuhkan akses internet yang kuat. Seperti melakukan zoom meet. 

3 | Menerbitkan Buku


Menerbitkan buku tidak jauh berbeda dengan kegiatan saya menulis novel online. Bedanya, ketika menerbitkan buku saya akan sering berdiskusi dengan penerbit, terutama editor. Seringnya, kami berdiskusi melalui whatsapp. Beberapa kali, kami berdiskusi melalui zoom meet. 

Tak hanya berdiskusi saja. Setelah menerbitkan novel saya yang berjudul Madeira, saya harus turut andil mempromosikan buku tersebut dengan ikut live bersama penerbit maupun toko buku. Belum lagi, saya harus membuat konten yang saya unggah di Tiktok, YouTube, maupun Instagram.

Maka, memiliki akses internet yang bagus sangat penting untuk saya.

4 | Content Creator


Tak hanya menulis, saya juga mengisi konten di beberapa platform pribadi seperti YouTube, Tiktok, dan Reels. Video-video yang saya unggah merupakan video keseharian saya mengenai seorang pekerja dari rumah. Memiliki koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia memang menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung pekerjaan saya.

Saya pribadi tidak suka dengan koneksi internet yang lambat karena mempengaruhi kinerja serta mood bekerja saya.

Untuk kamu pribadi, bagaimana pentingnya memiliki koneksi internet yang cepat dan tidak lelet? Komentar, ya!

0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost