May 31, 2024

Tahapan Menulis Review Produk Kecantikan



Tahapan Menulis Review Produk Kecantikan - Artikel ini bertujuan untuk kamu yang masih belum tahu tahapan bagaimana menulis review produk, terutama produk kecantikan. Sebelumnya, saya membagikan tulisan singkat ke saluran saya di Instagram. Sayangnya, di sana tidak bisa menulis panjang lebar. Jadi, saya menulis lengkap di blog saja.

Menulis review produk bukan sekadar mengenai kepiawaian menulis artikel saja, pun memiliki tahapan-tahapan agar artikel lebih nyaman dibaca dan tidak menyesal setelahnya. Sebab, produk kecantikan ini sangat riskan, terutama perlengkapan make-up. 

Berikut adalah tahapan demi tahapan menulis review produk kecantikan.


1 | Foto Produk + Foto Before-After


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pemotretan pada produk kecantikan yang baru saja kamu dapatkan. Kenapa harus segera? Sebab, agar skincare maupun make up tersebut masih dalam keadaan bagus.

Untuk mereview sebuah produk kecantikan kita harus melakukan percobaan pada produk tersebut dan apabila memotretnya ketika sudah terpakai akan terlihat kurang bagus. Maka, ketika sudah menerima produk kecantikan, segera foto.

Nah, apa saja yang harus difoto?

Pertama, kamu harus memfoto kemasannya. Baik kemasan kardus maupun kemasan asli dari skincare atau make up tersebut. Kamu harus memfotonya dari segala sisi, depan-belakang, kanan-kiri, atas-bawah. 

Kedua, foto isi dari produk tersebut. Apabila produk tersebut adalah make-up maka usahakan foto shades yang tidak jauh dari warna asli. Kamu bisa foto shade di pergelangan tangan, baik itu bedak, lipstik, bahkan serum. Kamu juga bisa memfoto di wajah langsung, bila perlu.

Ketiga, foto before-after pemakaian produk. Hal ini bisa dipakai untuk bedak maupun skincare. Untuk Skincare butuh waktu beberapa minggu atau bulan. Dalam artikel pun kamu harus menjelaskan bahwa itu pemakaian dua minggu atau dua bulan.

2 | Mencoba Produk 


Untuk mereview produk kecantikan, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, sehingga tahu apa yang akan kamu tulis. Untuk produk make-up, kamu bisa mencobanya di waktu yang sama. Namun, untuk skincare lebih baik ditunjukkan before-after pemakaian dalam beberapa minggu. Sehingga, kamu bisa memutuskan produk tersebut akan kamu beli lagi atau tidak.


3 | Riset dan Mencatat


Penting untuk riset produk yang kamu ulas. Membaca ulasan orang lain dengan produk yang sama juga perlu. Kamu bisa mencari tahu informasinya di website produk tersebut, instagram, atau searching di internet atau youtube. Dengan begitu, kamu bisa menemukan banyak informasi baru dan bisa memperkaya artikelmu. 

Jangan lupa mencatat hasil riset kamu. Riset di internet maupun riset yang kamu lakukan sendiri (dengan mencoba). Dengan begitu, kamu tidak akan lupa ketika proses menulis.

4 | Mulai Menulis


Dengan berbekal bahan ketiga poin di atas, kamu sudah bisa mereview produk tersebut. Jangan sampai informasi yang kamu sampaikan melenceng jauh, ya. Lalu, masukkan unsur dirimu, bagaimana perasaanmu ketika menggunakan produk tersebut juga bisa kamu tuliskan. Jangan lupa sebutkan apa yang kamu sukai dan tidak sukai dari produk tersebut. Kamu bisa menggunakan kata “tidak sesuai selera” atau “bukan selera saya” untuk memperhalus kata. Hindari kata “jelek” dan “buruk”.

5 | Menata Tulisan di Editor Blog


Setelah menulis review, kamu bisa memasukkan tulisan kamu di editor blog. Kamu harus menata tulisan kamu agar enak dibaca. Jangan lupa memisahkan judul dan sub judul dengan memberikan fon berbeda. Kamu bisa memberikan bold dan ukuran lebih besar untuk judul dan seterusnya. Lebih baik lagi apabila kamu memperhatikan kosakata dan tata cara penulisan. 

6 | Edit Foto dan Unggah Foto


Sebelum memasukkan foto ke artikel di blog, kamu bisa mengedit foto tersebut. Biasanya, saya mengeditnya di Photoscape. Editan saya hanya berupa crop, pencahayaan, dan penambahan kata saja. 

7 | Unggah Artikel


Setelah semua selesai, kamu bisa mengunggah artikel yang kamu tulis. Jangan lupa membagikannya ke media sosial, ya!

Nah, itu dia tahap-tahap mereview produk kecantikan. Semoga bermanfaat!

0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^