Cara Membuat Template Media Kit Menggunakan Microsoft Word | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Cara Membuat Template Media Kit Menggunakan Microsoft Word
Jun 21, 2016

Cara Membuat Template Media Kit Menggunakan Microsoft Word


Cara Membuat Template Media Kit Menggunakan Microsoft Word - Sebelum postingan ini, saya membuat postingan Apa Itu Media Kit. Awalnya, saya membuat postingan tersebut bertujuan untuk memberikan tutorial bagaimana cara membuat media kit dengan Ms. Word. Akan tetapi, saya menulis narasinya terlalu enjoy, sehingga terlihat cukup banyak. Ah, kalau bisa dijadikan dua postingan, kenapa tidak?

baca juga Apa Itu Media Kit

Seperti janji saya kemarin, saya akan memberikan tutorial sederhana, cara membuat media kit dengan Ms. Word. Kenapa saya pilih menggunakan Ms. Word? Karena mudah. Untuk software lain, terus terang saya belum tahu cara membuat media kit dengan CorelDraw maupun software desain lainnya. Jadi, sekarang kita belajar dengan apa yang ada saja dulu, ya.

Sebenarnya, membuat media kit dengan Microsoft Word sangat mudah. Pakai sistem tempel sana sini, tapi ada beberapa kendala yang harus bisa kita siasati. Seperti jarak dan pengaturan ketika memasukkan foto atau icon ke dalam shapes.


Langkah Pertama, tentu saja buka Ms. Word kalian, mau yang Ms. Word 2007 atau Ms. Word 2010, terserah. Tapi di sini, saya memakai Ms. 2007 karena saya lebih suka versi ini. Maklum, saya malas beradaptasi dengan software teranyar Microsoft. Seperti yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya, apa saja elemen yang ada dalam media kit. Tentukan terlebih dahulu, sehingga teman-teman bisa menentukan berapa shapes yang akan dibuat.

Langkah Kedua, pilih tab insert kemudian shapes dan pilih icon kotak. Lebih jelasnya, seperti gambar di bawah ini ya. 


Langkah Ketiga, create shapes  berbentuk persegi panjang di atas sendiri, ini berfungsi sebagai header  di template media kit. Ukurannya, sesuaikan selera. Untuk panjangnya, usahakan memanjang menutupi badan Ms. Word. Usai membuat shapes persegi panjang, akan muncul tab format. Di sini, kita bisa mengatur warna, garis tepi, model shapes timbul atau tidak. Sekreatif teman--teman, bagaimana ingin tampilan media kit-nya. Kalau saya memilih seperti gambar di bawah ini.



Langkah Keempat, buatlah shapes dengan icon yang sama, letakkan di berbagai sisi. Misal di letakkan sebelah kiri atau kanan. Bentuknya horizontal atau vertikal, memilih shapes  kotak atau oval. Suka-suka. Sekreatif mungkin, ya. Biar hasilnya juga cantik.

Langkah Kelima, sekarang saatnya untuk mengisi kotak-kotak yang sudah kita buat. Klik salah satu shapes yang sudah kita buat, sampai muncul titik-titik kanan kiri atas bawah, kemudian klik kanan pada tetikus, dan pilih Add Text.

Dalam Add Text, teman-teman tak hanya bisa menambahkan tulisan, tapi juga bisa menambahkan gambar. Caranya sama seperti ketika menyisipkan gambar pada Ms. Word. Klik pada kotak, hingga muncul garis vertikal yang berkedip-kedip itu, kemudian pilih tab insert dan pilih insert image.




 Lakukan hal serupa, sampai halaman Ms. Word penuh dengan kotak-kotak maupun oval dari shapes. Tata sedemikian rupa. Untuk membuat template media kit tak harus satu halaman saja. Bisa juga dua halaman agar lebih terperinci.

Selamat Mencoba!

xoxo,
Wulan K.




Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

15 comments:

  1. langsung bookmark. Tengkiu ya, dek.. :D
    ayo bikin yang lain lagi soal mempercantik blog..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Insya Allah ya. Nanti bkin blog sendiri buat tutorial desain :)

      Delete
  2. Kren kren.baru tahu ternyata buat seperti itu bisa diword dan padahal kebanyakan org membuatnya menggunakan software design yg profesional.makasih ya infonya

    ReplyDelete
  3. Bookmarked, nanti mau dipraktekin sendiri ah di rumah. Ga usah minta bantuin suami kalo begini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bikin simple2 aja dlu. Yang susah belakangan :D

      Delete
  4. wow, keren mbak.
    ternyata bisa juga dg word

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau pake aplikasi lain lebih oke ya

      Delete
  5. Waaaaah bisa dicontek niiihh. Makasi tutorialnya ya Maaaak :D

    ReplyDelete
  6. Sebelum ini aku pakai WORD untuk Media Kit. Trus pas bikin titling blog pakai canva, jadi kepikiri kenapa tak coba aja skalian. Eh ternyata malah keren dan gampang bikin Media Kit pakai canva.

    ReplyDelete
  7. Wow, ternyata bisa pake word. Tapi kalau aku yang buat pasti nggak sekeren Mba Wulan, deh.
    Makanya selama ini pilih pakai yang instans saja.

    ReplyDelete
  8. Kerennn...langsung praktek nih mbak. Makasih tipsnya ya...

    ReplyDelete
  9. Wah..keren..
    Tipsnya sangat membantu mbak 😉

    ReplyDelete
  10. bookmark, udah buat dengan canva, tapi blm puas kayanya :)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^