7 Nov 2018

Matcha Latte dari Matchamu Tea



Matcha Latte dari Matchamu

Matcha (抹茶, teh bubuk) adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Selain diminum pada upacara minum teh, matcha digunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, dan wagashi. (sumber wikipedia)

Matcha, Hojicha dan Green tea itu berbeda, meskipun sama-sama dibuat dari bahan dasar teh hijau. Tentu saja, perbedaan mereka terletak dari bagaiamana pengolahannya. Perbedaan pengolahan hojicha dan matcha, membuat keduanya memiliki rasa yang berbeda dengan keunikan masing-masing.

Pengolahan matcha langsung dari daun teh hijau yang kering (di Jepang disebut dengan “Tencha”) digiling menggunakan matcha stone-mills sampai menjadi bubuk matcha. Untuk selengkapnya bagaimana proses pembuatan bubuk matcha, bisa ditonton pada video di bawah ini ya. Saya sematkan dari YouTube.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, pada postingan Hojicha Latte, bahwa saya juga membeli Matcha Latte dari Matchamu Tea, brand lokal asal Sleman, Yogyakarta. Memenuhi janji saya tersebut, saya pun akan meriview mengenai Matcha Latte dari Matchamu. 

Saya sudah sering menuliskan mengenai minuman matcha, seperti Allure Japanese Green Tea Latte, Kiyora Matcha, dan Chocolatos rasa Matcha di blog ini. Semua itu merupakan merek yang sudah sering kita jumpai dan mudah kita dapatkan. Kali ini, saya akan mereview merek berbeda alias merek lokal asal Yogyakarta. Mungkin, setelah kamu membaca artikel ini, berkeinginan untuk membelinya juga. 

Review Matchamu Matcha Latte

Kemasan
Matcha Latte dari Matchamu

Seperti yang saya tulisa pada Hojicha Latte dari Matchamu, Matcha Latte pun memiliki desain yang serupa. Yang membedakan hanya pada warna dasar, serta background saja. Apabila di Hojicha Latte berwarna kecokelatan dengan taburan potongan daun teh hijau, maka di Matca Latte berwarna putih bercorak dan ada taburan potongan teh hijau. 

Untuk tata letak tulisan, gambar orang dengan pakaian Jepang yang sedang meminum teh sama. Yang membedakannya ada latar belakangnya. Lebih jelasnya, bisa dilihat pada foto di atas ya.

Pada bagian belakang kemasan, terdapat stempel MUI, kode produksi, komposisi, dan cara seduh. Untuk tanggal kaduluarsa ada di bawah sisi kanan kemasan. 

Matcha Latte dari Matchamu, diproduksi oleh UD. Matcha Muda Persada, Sleman, Yogyakarta. 

Ulasan
Matcha Latte dari Matchamu

Bubuk matcha dari Matchamu, terlihat berwarna hijau yang pekat. Terlihat dari warnanya, bahwa komposisinya lebih dominan bubuk matcha daripada krimer. Selain itu, matcha latte dari Matchamu, tidak menggunakan susu. Mereka menggunakan bubuk matcha Jepang, krimer nabati dan gula. Hanya tiga komposisi.
Matcha Latte dari Matchamu

Sebelumnya, apabila meminum Matcha Latte selalu merasakan adanya campuran susu, berbeda dengan Matcha Latte dari Matchamu ini hanya menggunakan krimer dan gula. Meskipun sudah ada gula pasir dalam campurannya, tetap saja rasanya tidak terlalu manis kok. 

Saya pribadi mencoba memasukkan gula ke dalam seduhan Matcha Latte saya, namun rasanya jadi kurang pas. Mungkin, nanti saya akan mencoba memasukkan satu sendok saja. 

Matcha Latte dari Matchamu memiliki rasa sedikit pahit, bertekstur, dan berbeda dengan rasa teh pada umumnya. Apabila Hojicha masih memiliki rasa teh, sedangkan Matcha rasa khas teh sudah tak terasa. 

Seduhan Matcha Latte dari Matchamu ini cepat larut dalam air, meskipun tetap akan meninggalkan gumpalan-gumpalan kecil dari matcha. Mungkin memang seharusnya, mengaduk bubuk matcha menggunakan  Chasen Bamboo Whisk agar tercampur rata. 

Saya pribadi, rasa matcha dari Matchamu kurang sesuai dengan selera saya dibandingkan dengan Hojicha Latte milik mereka, saya lebih menyukai Hojicha Latte.

Beli di mana
Matcha Latte dari Matchamu

Matcha Latte milik Matchamu hanya dijual di beberapa toko saja, tidak bisa ditemukan di Indomaret maupun Alfamart. Kamu bisa membelinya via Shopee atau langsung di instagram Matchamu Tea. Kalau di kota kamu ada beberapa toko ini, bisa tuh mampir mencoba membelinya.

Harga
Matcha Latte dari Matchamu

Harga satu box/dus kecil Matcha Latte Rp 25610 rupiah, isi 5 stik. Sebenarnya, kamu bisa membeli Matcha Latte eceran atau per sachet/stik dengan harga Rp 5.400-,.

Dari sekian banyak matcha latte yang pernah saya ulas di blog ini, saya kepikiran untuk mengulasnya dalam satu artikel. Mengurutkannya, dari yang paling kurang saya sukai sampai paling saya sukai. Sebenarnya sih, balik lagi ke selera. K, lebih suka Kiyora daripada Allure, padahal saya menyarankan kepadanya Allure Matcha Latte.

Oke, selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^