Apa Itu Featured Image dan Bagaimana Cara Membuatnya

by - 09.56




Apa Itu Featured Image dan Bagaimana Cara Membuatnya - Usai berbelanja ke pasar, saya memasak, lalu mandi. Setelah itu, barulah berkutat dengan pekerjaan – yang kadang ada, yang kadang nggak, tetapi tetap harus disyukuri -. Pekerjaan saya tentu saja menulis atau kalau tidak ya, membuat konten untuk instagram alias memotret. Seperti biasa, kebanyakan foto saya mengambil sudut pandang bird eye view atau paling mudah biasanya disebut flat lay

Sejak dulu, ketika memposting sebuah tulisan di blog, saya suka memberikan beberapa foto pendukung untuk tulisan. Saya sering mengambil foto di Pinterest dan kebanyakan di Pexels. Nah, sejak hobi moto dan punya Etro, saya lebih sering membuat foto pendukung sendiri, kalau malas banget yah, ambil di internet lagi. 

Foto pendukung untuk sebuah artikel blog, biasanya paling utama itu untuk featured image atau photo thumbnail atau cuplikan gambar. Buat yang belum tahu apa itu cuplikan gambar, bisa melihat contoh di bawah ini.





Jadi, cuplikan gambar, featured image atau photo thumbnail itu adalah foto yang muncul ketika kita membagikan artikel di media sosial atau pada halaman utama blog kita, foto untuk featured image akan muncul. 

Featured image berfungsi untuk memberikan pendukung artikel, gambaran isi artikel, tentu saja hal ini juga bertujuan untuk menarik pembaca. Apabila featured image yang kamu gunakan bagus dan menarik, akan membuat pembaca menekan “klik” pada artikel yang kamu bagikan di media sosial.

Nah, saya pribadi membedakan cuplikan gambar menjadi dua, yaitu; 

Featured Image Polos


Featured image polos ini berarti tidak ada keterangan apa pun pada foto selain foto itu sendiri. Jadi, benar-benar keterangan atau pendukung tulisan ya foto itu. Misalnya, kamu menulis mengenai matcha, maka foto yang kamu pakai adalah foto dengan cangkir yang berisi cairan berwarna hijau muda. Tak ada keterangan dalam foto, hanya foto itu sendiri. Tentunya, begini saja sudah cukup kuat dan menarik perhatian pembaca. 

Featured Image dengan Keterangan

Biasanya keterangan dalam foto berupa judul dari artikel atau terkadang berisi kutipan-kutipan yang memang mendukung isi artikel. Saya sendiri sering membuat featured image yang jenis ini – kalau tidak malas- tentu saja. Yah, membuat tulisan di dalam foto agar tidak merusak foto dan justru membuat featured image malah menjadi tidak menarik, perlu latihan. Bahkan, saya sendiri masih belum benar-benar ahli dalam hal ini.

Untuk contoh featured image dengan tulisan ini, bisa dicari di Pinterest. Di sana banyak sekali contoh-contoh artikel dengan featured image dengan tulisan. Di bawah ini merupakan beberapa contoh featured image yang saya buat dengan tulisan.




Cara Membuat Featured Image dengan Keterangan

Untuk featured image polosan atau dasar, tentunya kamu cukup memilih foto atau membuat foto yang sesuai dengan isi artikel. Nah, untuk membuat featured image  dengan keterangan, tentu pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih foto dasar. Foto dasar yang kamu pilih bisa sesuai dengan isi artikel dan tidak. Meskipun foto tidak sesuai isi artikel, bukan berarti bisa sembarangan mengambil foto atau membuat foto. 

Apabila foto dasar yang kamu pilih sesuai dengan isi artikel, akan lebih bagus lagi. Kalaupun tidak sesuai dengan isi artikel, pakailah foto dasar yang netral atau memang foto yang pas untuk featured image. Saya sendiri, sering membuat foto yang memang khusus untuk featured image, yang minimalis dan polos, sehingga bisa masuk ke dalam perbagai tema.

Saya sendiri sering membuat foto dasar yang bisa masuk di berbagai tema, kebanyakan sih tema foto yang saya buat mengenai dunia kantor, blogger, berbau pekerjaan. Contohnya seperti di bawah ini. 





Ah iya, kalau kamu butuh featured image seperti di atas, bisa mengunduhnya secara gratis di sini.




Tata Letak Tulisan di Featured Image


Saya sudah menyinggungnya di atas, bahwa untuk mengatur tata letak tulisan dan bagaimana agar featured image terlihat menarik bukan justru membuat foto dasar menjadi tidak menarik, butuh latihan berulang kali. Biasanya saya membuat tulisan di editor Photoscape dan Photoshop. Tentunya, sesuaikan dengan kemampuan kalian sendiri, ya.


Untuk mencari ide, saya selalu jalan-jalan ke pinterest. Beberapa tulisan saya buat dengan rapi dan teratur, dengan warna senada. Akhir-akhir ini saya lebih suka dengan tulisan yang warnanya tumpang tindih. Masalah ini lebih sekreatif kamu saja sih. 

Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan mengenai featured image, kalau kamu sendiri suka memakai featured image tidak? Kalau ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan tinggalkan dikolom komentar ya.

You May Also Like

6 comment so far

  1. Aku biasanya pake featured image, Wul. Tapi ya bisanya ngasih tulisan baru segitu-gitu aja sih :))

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih nih blogpostnya mencerahkan banget. Blogku pakai featured image, kadang suka bingung karena merasa itu-itu saja fotonya :)
    Ku izin download ya.

    BalasHapus
  3. aku hampir ga pernah sama sekali bikin featured image secara khusus, biasanya tinggal comot dari foto yang ada di isi postingan blog.

    BalasHapus
  4. Aq baru "ngeh" featured image setelag baca postingan ini. Thx y mbak atas pencerahannya

    BalasHapus
  5. jd ngerti featured image skr. aku biasanya cm pake foto yg aku ambil sendiri, tp tanpa tulisan, jd polos gitu doang. tp sepertinya, setelah baca tulisanmu, aku jd pgn lbh serius membuat featured image utk tulisanku mba. ga cm sekedar posting fotonya gitu aja.. :)

    BalasHapus
  6. baru tau tentang featured image, makasih mak infonya

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^