Feb 28, 2017

5 Alasan Kenapa Saya Menabung di Bank – Aman dan Bebas Rayap!


5 Alasan Kenapa Saya Menabung di Bank – Aman dan Bebas Rayap! Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana seorang pekerja lepas mengatur keuangan mereka. Lagi-lagi, saya membahas mengenai keuangan pekerja lepas. Tentu saja, mengatur keuangan sebagai pekerja lepas tidak lepas dari perbankan. Bagaimana tidak, bila dalam transaksi saja saya harus memiliki rekening untuk memperlancar pekerjaan.

Saya sering bercerita bahwa saya memiliki dua  rekening di bank berbeda, yaitu di BCA dan BNI. Untuk bank BCA saya peruntukan untuk rekening transaksi atau keluar masuknya dana dari klien dan nantinya akan saya tabung kembali ke rekening BNI. Di rekening BCA pun saya jadikan tempat saya mengambil dana untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk transaksi online (berbelanja online). Hal ini saya lakukan agar saya bisa memilah, mana dana yang memang harus ditabung dan mana dana yang harus saya simpan untuk kebutuhan mendesak nantinya.


Cara ini terbukti efektif. Ketika saya melirik saldo rekening bank BCA saya menipis, maka saya bisa menahan diri untuk tidak berbelanja, meskipun pada rekening bank BNI gendut. Selain itu, hal ini saya lakukan untuk menghargai hasil kerja keras saya sendiri. Rasanya menyenangkan, ketika setiap bulan saya membawa buku tabungan ke bank untuk menabung. Padahal, tinggal transfer saja bisa.
Ternyata yang melaukan hal ini tidak hanya saya saja loh. Tetapi, beberapa teman pekerja lepas lainnya pun begitu. Memang sih, lebih efisien memisahkan rekening pribadi dan rekening transaksi.
Saya pernah menonton acara di televisi mengenai keuangan. Ceritanya, ada si penelepon yang menanyakan bagaimana cara mengatur keuangannya dan suaminya. Mereka akan membuka usaha bersama, takutnya dana akan campur aduk dan tidak tertaur. Akhirnya, pembawa acara di televisi atau pakar keuangan di televisi menjelaskan, lebih baik mereka membuka tiga rekening di bank. Dua rekening untuk suami dan istri, satu rekening usaha.

Dari cerita di ataslah saya berinisiatif membuat dua rekening untuk transaksi dan rekening untuk menabung.

Adapun alasan kenapa saya menabung:

1 | Menghargai kerja keras sendiri

Saya sudah singgung sedikit di atas, bahwa saya menabung untuk menghargai kerja keras diri sendiri. Menurut pendapat saya, bekerja tanpa menabung sama halnya kita pacaran tanpa menikah. Sia-sia. Dan lagi, dengan menabung kita akan punya bukti bahwa kita ini bekerja dan benar-benar menghasilkan uang, bukan sekadar bekerja untuk memenuhi kehidupan saat ini dan good bye di masa depan.

2 | Persiapan untuk Masa Depan

Kita tak akan pernah tahu kan apa yang akan terjadi nanti. Bisa jadi, nanti kita benar-benar terdesak karena sesuatu dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Saat itulah, kita benar-benar membutuhkan tabungan hasil kerja keras kita selama ini. Terlebih lagi, untuk saya seorang pekerja lepas yang penghasilan setiap bulannya tidak menentu ini. Sangat disarankan membuat rekening atau tabungan di bank.

3 | Menghindari Sifat Konsumtif

Ini penting. Saya ke mana-mana jarang sekali membawa dana lebih dari Rp 200.000,- kalau pun pernah pasti ada suatu alasan atau kebutuhan tertentu. Ketika saya membuthkan dana lebih, saya akan memilih untuk pergi ke ATM terdekat untuk mengambil dana tersebut, ketimbang meletakkannya di dompet. Kenapa?Karena kemungkinan uang cepat habis ketika saya membawa dana lebih di dalam dompet. Ketika berbelanja di mini market pun saya lebih memilih debit ketimbang tunai.

4 | Memenuhi Impian

Kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya, bisa jadi beberapa tahun ke depan kita akan memiliki impian dan impian tersebut membutuhkan dana. Atau, dengan menabung kita bisa memenuhi impian. Sebagai contoh, saya ingin traveling ke Semarang bulan April nanti, maka dari sekarang saya harus menabung untuk mewujudkan impian kecil tersebut. Tidak mungkin kan, saya memakai dana atau penghasilan di bulan April? Tahu sendiri, pekerja lepas penghasilannya tidak menentu.

5 | Menabung di Bank Aman dan Bebas Rayap

Pernah mendengar orang jaman dahulu, yang rumahnya masih terbuat dari bambu suka menyimpan uang mereka di dalam bambu? Dan akhirnya uang tersebut habis dimakan rayap. Ada cerita lain, ketika kita menyimpang uang di rumah, tiba-tiba hilang secara misterius diambil tuyul? Mungkin ini terkesan terlalu horor, tapi ada beberapa kejadian memang seperti itu.

Apa sih alasan mendasar sampai saya benar-benar berani menabung di bank? Alasannya simpel dan sangat penting, yaitu aman. Terlebih lagi, sekarang ada Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS yang menjamin simpanan kita di bank. Bahkan, LPS berani menjamin tabungan kita sampai 2M per rekening loh.

Apa LPS itu?


LPS adalah lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan (UU LPS) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009.

Seperti yang saya sebutkan di atas, LPS menjamin setiap rekening sampai 2miliar. Sehingga, kita akan aman menabung di bank, tidak takut ketika bank gulung tikar kita akan kehilangan tabungan. Menabung di bank pun bisa bebas dari rayap dan tuyul, kan? – xoxo.


Sejarah LPS


Pada tahun 1998, krisis moneter dan perbankan yang menghantam Indonesia, yang ditandai dengan dilikuidasinya 16 bank, mengakibatkan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat pada sistem perbankan. Untuk mengatasi krisis yang terjadi, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan diantaranya memberikan jaminan atas seluruh kewajiban pembayaran bank, termasuk simpanan masyarakat (blanket guarantee). Hal ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 1998 tentang Jaminan Terhadap Kewajiban Pembayaran Bank Umum dan Keputusan Presiden Nomor 193 Tahun 1998 tentang Jaminan Terhadap Kewajiban Pembayaran Bank Perkreditan Rakyat.

Seperti yang kita ketahui, perbankan menjadi komponen penting dalam perekonomian. Stabilitas industri perbankan sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian secara keseluruhan. Itulah alasan yang mendasari LPS untuk menjamin keamanan setiap nasabah, demi membangun kepercayaan masyarakat dengan menabung di bank.

Nah, yuk menabung di bank terdekat!


4 comments:

  1. Betul banget kak, menabung di bank sangat aman dan bebas rayap, plus jauh dari yang namanya jajan dadakan kalau ada yang lewat depan rumah 😃😃

    ReplyDelete
  2. Iya, mbak, beneeerrr. Biar gak konsumtif.

    ReplyDelete
  3. betul betul betul... aku juga menabung di bank kok mbak.. dirumah juga... klo dirumah koin2 untuk mahar..hahaha

    ReplyDelete
  4. Tetangga gue ada juga tuh nabung di taruh dalam toples kemudian di taruh di dalam tanah, dan setelah beberapa bulan di ambil uangnya di makan rayap hahaha

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^